Kamis, 11 November 2010

Pagoda Terbesar Nomor 2 di Dunia di Desa Tongkoh

Pagoda Shwedagon terbesar nomor dua di dunia, terletak di Desa Tongkoh Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo, hari ini (Sabtu 30/10) diresmikan. Peresmian atau pemberkahan replika pagoda terbesar nomor dua di dunia selain di negara Myanmar ini akan dihadiri beberapa kepala negara Asia, pejabat kedutaan dan undangan dari berbagai negara sabahat.

Hal ini dikatakan Kapolres Karo AKBP Drs Ig Agung Prasetyoko SH MH kepada SIB, Jumat (29/10) di Kabanjahe. Secara rinci belum dapat dipastikan Kapolres Karo, berapa presiden yang akan datang menghadiri peresmian (pemberkahan) pagoda di areal berkisar 3 hektar di Desa Tongkoh. Yang pasti beberapa presiden negara Asia dijadwalkan hadir, ujar Kapolres Karo setelah pihaknya melakukan peninjauan persiapan peresmian pagoda ini beberapa hari sebelumnya.

Salah seorang panitia/pengurus pagoda Shwedagon, Herman dan Bruno Niko yang dikonfirmasi SIB, Jumat (29/10) melalui telepon selulernya, membenarkan rencana peresmian pagoda tersebut. Namun ketika ditanya berapa kepala negara yang akan hadir dalam peresmian tersebut, Herman belum dapat merinci berapa yang pasti kepala negara (presiden) yang hadir. Kita belum dapat merinci. Kita masih menunggu kedatangan kepala negara mana saja yang hadir sore ini (maksudnya Jumat-red),” ujar Herman.

Salah satu undangan, Karo Bina Mitra Polda Kepri Kombes Pol Ricky F Wakano Ginting yang dikonfirmasi SIB, Jumat (29/10) juga membenarkan pihaknya hadir dalam undangan resmi. Menurut Ricky F Wakano Ginting, beberapa kepala negara akan hadir, di antaranya, Myanmar dan Thailand dan negara lainnya kemungkinan setingkat menteri akan mewakili negara-negara lainnya, ujar Ricky.(SIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar